Kancah Pemikiran Konstruktif

Wednesday, April 25, 2018

Orienteering Cabang Pertandingan Baru di IPPBMM


peserta sedang input di sport ident
foto : Aziz

IAIN Purwokerto-(25/4) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBM). Ada beberapa cabang lomba yang diadakan salah satunya adalah orienteering. Orienteering merupakan lomba yang membutuhkan kemampuan navigasi menggunakan kompas dan peta untuk menyelesaikan suatu lintasan dari titik kontrol satu ke yang lain. ada dua kategori yang diperlombakan yaitu Midle Orienteering dan Sprint Orienteering putra dan putri. Cabang lomba ini baru pertama kali dikenalkan di IPPBMM pada tahun ini, diajukan oleh Komunitas Mahasiswa Pecinta Alam  (KMPA) Faktapala yang bekerja sama dengan Federasi Orienteering Banyumas (FOB).

"Orienteering adalah lomba yang mengandalkan ketepatan dan kecepatan, teknisnya peserta menggunakan peta dan kompas untuk mengunjungi titik kontrol secara berurutan setepat dan secepat mungkin." Terang presiden FOB Akbar Abriyanto atau yang lebih dikenal dengan Pelo.  Model perlombaan yang diambil oleh panitia adalah cross cauntry karena IAIN Purwokerto sendiri terletak di tengah perkotaan. 

Dikarenakan perlombaan ini masih baru di IPPBMM dan kurang nya pemahaman peserta mengenai teknis pendaftaran maka peserta yang ikut berpartisipasi masih sedikit. Dengan jumlah peserta putri 5 dan putra 13 dari 13 kontingen.  Ada 15 pos yang harus ditempuh peserta  dengan jarak tempuh untuk putri 4,7 km dan putra 5,1.
peta kategori midle orienteering
foto : Ni'mah
Panitia membutuhkan waktu tiga bulan untuk mempersiapkan lomba ini dari mulai survei tempat dan pembuatan peta yang harus sesuai dengan keadaan di lapangan. Kesulitan dalam penyelenggara lomba ini adalah proses perpindahan alat absen yang digunakan disetiap titik dari manual menjadi elektronik. "Dulu dari setiap peserta inputnya manual sekarang berpindah ke elektronik spans namanya sport ident", tutur Rokhiman selaku penanggung jawab lomba orienteering.

Meskipun baru pertama kali masuk IPPBMM, orienteering sudah lama  dikenal di kalangan Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA). "Kami berinisiatif ingin mengangkat orienteering untuk diakui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), karena orienteering sendiri sudah tenar di dunia", ujar Rokhiman.

Reporter : Ni'mah
Penulis   : Alfurqon
Editor      : Aziz



Share:

0 comments:

Post a Comment

TERPOPULER