Kancah Pemikiran Konstruktif

Friday, October 19, 2018

HMJ Ekonomi Syariah IAIN Purwokerto gelar Economic Competition yang ke-2



Pembukaan Econimic Competition 
Foto : HMJ Ekonomi Syariah

Purwokerto – HMJ Ekonomi Syariah IAIN Purwokerto gelar program “ Economic Competition” tahun 2018. Acara ini dilaksanakan mulai hari Kamis, 18 Agustus kemarin hingga Sabtu, tanggal 20 Agustus 2018. Peserta event Economic Competition ini merupakan mahasiswa Ekonomi Syariah dari semester 1 sampai semester 5.

Tahun ini merupakan tahun kedua dilaksanakannya program Economic Competition yang diadakan oleh HMJ Ekonomi Syariah. Tujuan diselenggarakannya program Economic Competition tahun 2018 salah satunya untuk menjaring dan menemukan bibit-bibit mahasiswa berprestasi agar bisa berkompetisi di ranah Nasional. Dan sebagai salah satu wujud dari mahasiswa untuk membantu proses akreditasi fakultas Ekonomi Syariah. “Membantu proses akreditasi fakultas dengan menstimulus mahasiswa-mahasiswa untuk berprestasi dan sebagai wujud stimultan mahasiswa agar mereka memiliki gairah untuk berkompetisi” ujar Yudha Pratama Ketua HMJ Ekonomi Syariah ketika ditemui disela-sela acara.

Keberhasilan program Economic Competition pada tahun sebelumnya, memberikan peningkatan yang signifikan di tahun ini. Sehingga menimbulkan banyak perbedaan dari format dari sebelumnya, dimana pada tahun 2017 tidak ada kompetisi futsal untuk putra dan putri, namun pada tahun ini ditambahkan kompetisi futsal putra dan putri. Kompetisi futsal diselenggarakan selama 3 hari berturut-turut di lapangan futsal IAIN Purwokerto. Pada hari pertama dilakukan dengan bapak penyisihan, dihari kedua merupakan bapak perempat final dan dihari terakhir adalah bapak final penentuan juara putra dan putri. Tercatat ada sekitar 18 tim putri yang mengikuti lomba futsal pada babak penyilihan.


Lomba Futsal Putri Tanggal 18 OOktober 2018
Foto : Riza

Selain kompetisi futsal,  ada banyak rangkaian acara yang diselenggarakan dalam Economic Competition diantaranya lomba Essai, lomba Desain, Lomba Cerdas Cermat. Program-program yang sedang dilaksanakan ini merupakan progam lanjutan dari program-program sebelumnya yang sudah terlaksana. Contonhya seperti lomba Essai yang merupakana kelanjutan dari program Diskusi dan Kajian Ekonomian, lomba Desain juga kelanjutan dari program pelatihan desain yang sudah diselenggarakan sebelumnya. Lomba Cerdas Cermat juga dijadikan sebagai persiapan untuk menghadapi perlombaan di tingkat nasional yang diselenggarakan di bulan November.

Puncak acara dari Economy Competion dilaksanakan pada hari Sabtu malam minggu di basement Fakultas Ekonomi Syariah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Puncak acara sekaligus penutupan Economy Competisi ini dijadikan sebagai ajang kreasi seni bagi mahasiswa Ekonomi Syariah. Terdapat panggung budaya yang menampilkan pertunjukan-pertunjukan seperti musik, musikalisasi puisi, tarian, drama dan juga bintang tamu dari Fakultas lain. Selain panggung kreasi, rangkaian acara yang akan diselnggarakan juga salah satunya pembagian tropi dan penghargaan bagi mahasiswa-mahasiswa yag berprestasi di ajang Economic  Competitiion tahun 2018.

Antuias dari mahasiswa sangat besar, dilihat dari para suporter yang hadir untuk menyorakkan semangat bagi tim regu futsal putri. Berbagai antribut dibawa oleh para suporter yang hadir di luar lapangan futsal IAIN Purwokerto. 

Ketua HMJ Ekonomi Syariah Yudha Pratama berharap dengan adanya Economic Competition tahun ini, semoga bisa melahirkan prestasi-prestasi yang membanggakan dan para juara dalam kompetisi bisa mampu bersaing di kompetisi-kompetisi nasional. 



Share:

0 comments:

Post a Comment

TERPOPULER