Kancah Pemikiran Konstruktif

Saturday, October 27, 2018

UKK PRAMUKA GELAR GELADI PRAMUKA PENEGAK KREATIF 2018



Purwokerto,(27/10) Unit kegiatan Khusus (UKK) Pramuka menggelar upacara Geladi Pramuka penegak Kreatif  (GEMPAR) 2018 dalam kompetisi pramuka penegak (SMA) Se- Jawa Tengah yang diikuti oleh 20 kontingen dengan jumlah 320 peserta. Acara pembukaan berlangsung di depan halaman gedung Rektoraat di IAIN Purwokerto.

Acara tersebut resmi dibuka pada Jum’at, (26/10) ditandai dengan pelepasan balon yang bertuliskan GEMPAR 2018 oleh Lutfi Hamidi  selaku Rektor IAIN Purwokerto yang menjadi pembina upacara. Lutfi Hamidi sangat mengapresiasi atas terselenggararanya acara ini. “Diadakannya acara ini sangatlah bagus, terutama bagi pramuka untuk mengembangkan mental. Selain itu, untuk menjadi orang sukses juga harus memiliki kecerdasan dan keprcayaan diri. Tapi untuk menjadi orang yang bisa survive atau orang yang bisa bertahan itu, kecerdasan saja tidak cukup karena lebih dominan pada karakter dan mental yang dimiliki oleh orang tersebut”, ujar Lutfi Hamidi. 

Acara Gempar sendiri sudah pernah diadakan di tahun 2016. “Untuk acara Gempar yang kedua ditahun 2018 ini membawakan konsep yang berbeda dari tahun sebelumya pada 2016. Dengan menggunakan konsep etno atau budaya supaya lebih meriah dan mampu mengenalkan budaya-budaya Indonesia” ujar Hana Nur Malasari selaku Reka Racana IAIN Purwokerto.

Dalam acara Gempar tahun ini, melibatkan 320 peserta dari 20 kontingen di wilayah Jawa Tengah, terkhusus untuk lembaga-lembaga yang beryayasan islam diantaranya  MAN 3 BANYUMAS, SMA MA’ARIF NU 01 Kemranjen, SMA MA’ARIF Kroya, MAN 1 Tegal, MA MA’ARIF NU 01 Kemranjen, SMK AL HUDA Bumiayu, MA AL HIKMAH 1, SMK MA’ARIF Karangreja, MA AL AZHARI Ajibarang, MA MA’ARIF Cilongok, SMK MA’ARIF NU 01 Ajibarang, MA AL FATTAH Banjarnegara, MAN Purbalingga, MA MINTOL, MA DARUNNAJAT, SMK MA’ARIF NU Karanglewas, SMK MAARIF NU 01 Paguyangan, SMA AL KAUTSAR Purwokerto, SMK MA’ARIF NU 02 Ajibarang, SMK MA’ARIF NU 02 Paguyangan.

Lokasi lomba berada didua tempat yaitu, pertama di kampus IAIN Purwokerto dan yang kedua di lapangan Purwanegara. Dengan berbagai macam cabang perlombaan yaitu, lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB), fariasi pioneering, film dokumenter, pentas seni, giat wisata, etno karnival, giat umum dan beberapa lomba lainnya.

Menurut Hana diadakannya lomba untuk pramuka penegak sendiri bertujuan untuk  mempersatukan Pramuka penegak sejawa tengah serta mempererat tali silaturahim, selain itu kegiatan ini dapat mengembangkan kreatifitas pramuka dan juga sebagai ajang  untuk mengenalkan  IAIN Purwokerto dikalangan pelajar SMA/MA sederajad. Untuk tahun berikutnya panitia menargetkan penambahan jumlah peserta dengan memperbanyak jenis perlombaan. Diharapkan dengan menambah jenis perlombaan dapat meningkatkan serta mengasah kreativitas para peserta.


Reporter : Atin, Pipit
Editor : Retno Asih
Share:

0 comments:

Post a Comment

TERPOPULER