Kancah Pemikiran Konstruktif

Tuesday, November 20, 2018

KSR PMI Unit IAIN Purwokerto Raih Juara Umum di Ajang Aksi Ketrampilan Relawan Se- Jawa



Foto Bersama Peserta dari KSR PMI Unit IAIN Purwokerto 
Sumber : KSR PMI Unit IAIN Purwokerto

Purwokerto – Ajang ini merupakan ajang perlombaan yang diselenggarakan oleh Korps  Sukarela PMI Unit 3 Veteran Yogyakarta  untuk KSR Unit atau Markas Se-Jawa dengan memperlombakan tiga ketegori yaitu lomba Videografi Promosi Kesehatan, Teknologi Tepat Guna, dan Pertolongan Pertama. Acara yang dilaksanakan di Universitas Veteran Yogyakarta ini diikuti oleh 11 tim, 9 unit dan 1 markas dari ibukota Jakarta. Kesembilan unit tersebut berasal dari univesitas-universitas se-Jawa diantaranya Universitas Ahmad dahlan (UAD), Universitas Airlangga, Universitas Negeri Semarang (Unnes), IAIN Kudus, IAIN Purwokerto, IAIN Tulungagung, Poltekes Semarang, Stikes Surya Global Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Poltekes Yogyakarta. Perlombaan ini berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 16 November hingga 18 November 2018.

Ada lima piala kejuaraan yang diperebutkan di Aksi Ketrampilan Relawan Se-Jawa ini, Piala lomba Teknologi Tepat Guna, Piala lomba Videografi Promosi Kesehatan, Piala lomba Pertolongan Pertama, Piala Grade Unit serta Piala Juara Umum. Piala Grade Unit terdiri dari dua kategori yaitu Grade A dan Grade B dinilai melalui proses seleksi ketika berlangsungnya perlombaan. Untuk juara umum, penilaian diambil dari skore tertinggi keseluruan lomba. Ada masing-masing kriteria penilaian dari ketiga lomba tersebut, seperti lomba teknologi tepat guna kriteria yang dinilai yaitu kebermanfaatan alat, penulisan artikel, pemaparan atau presentasi alat, penyesuaian dengan tema. Tema yang diambil dari lomba teknologi tepat guna  adalah teknologi pasca bencana.

KSR Unit IAIN Purwokerto mendelegasikan empat peserta yaitu Dita Safira Aulia, Eka Nurohmawati, Ely Choeriyah, Irfan Faizulhaq, serta satu official yaitu Anisa Nur Khoifah. Dari empat peserta tersebut terbagi menjadi dua kelompok untuk perlombaan Teknologi Tepat Guna dan Videografi Promosi Kesehatan. Pemilihan keempat peserta tersebut dipilih melalui proses seleksi yang dilakukan oleh KSR Unit IAIN Purwokerto dan dibantu oleh PMI Banyumas. Dita Safira salah satu peserta dari KSR PMI Unit IAIN Purwokerto mengungkapkan bahwa untuk persiapan hanya satu bulan, dengan dua minggu pertama fokus pada pertolongan pertama dan dua minggu selanjutnya untuk persiapan yang videografi dan teknologi tepat guna dan lainnya. “ kita kan latihannya mulai dari sore sampai malem ya, sore kita ngurusin videografi daan teknologi tepat guna nah malemnya baru lanjutin yang pertolongan pertama” tambahnya. Dari ketiga perlombaan tersebut, KSR Unit IAIN Purwokerto berhasil memborong dua piala sekaligus, yaitu juara pertama untuk perlombaan Teknologi Tepat Guna yang diwakili oleh Dita Safira Aulia dan Eka Nurahmati. Teknologi yang diperlombakan dari kedua peserta adalah alat penyaringan air untuk korban bencana alam. Dita menjelaskan alasan pemilihan alat tersebut karena air menjadi hal yang sangat vital dan urgen ketika pasca bencana alam terjadi sehingga ketika terjadi bencana dan kondisi air keruh maka air tersebut masih dapat dikonsumsi dengan melalui proses penyaringan dari alat tersebut. Selanjutnya, piala  kedua yang berhasil diraih yaitu dari perlombaan pertolongan pertama. Tim KSR PMI Unit IAIN Purwokerto yang terdiri dari empat peserta berhasil membawa pulang juara kedua.

Tidak berhenti didua pencapaian saja, KSR PMI Unit IAIN Purwokerto yang terbilang merupakan KRS termuda dibandingkan dengan peserta lainnya berhasil merebut Piala Juara Umum dan mendapatkan piala kempat sebagai KSR PMI Unit IAIN Purwokerto dengan Grade A. Sebuah pencapaian yang luar biasa, apalagi perlombaan ini merupakan perlombaan pertama yang diikuti oleh KSR PMI Unit IAIN Purwokerto. Diakui oleh salah satu perserta bahwa persaingan memang sangat ketat, dilihat dari latarbelakang universitas masing-masing peserta yang merupakan universitas favorit diwilayah Jawa. “ Sebenernya kita tidak minder, biasa saja. Karena kita tidak berharap yang terlalu banget untuk jadi juara, optimis tetap ada tapi ya tidak terlalu berharap lebih untuk jadi juara” ucap Dita disela wawancara. Dita juga mengungkapkan rasa bahagianya ketika mendengar IAIN Purwokerto keluar sebagai juara umum di Aksi Ketrampilan Relawan Se- Jawa. “Sempat bengong sebentar, tidak nyangka yang menjadi juara adalah kita padahal ada IAIN Kudus yang mendapatkan piala lebih banyak dari kita. Ini adalah keberuntungan kita” jelasnya. Ia juga menjelaskan kembali bahwa peraihan juara umum diambil dari skore yang tertinggi dari ketiga perlombaan, dan IAIN Purwokerto mendapatkan skore lebih tinggi dari IAIN Kudus meskipun dalam jumlah piala lebih sedikit kerena IAIN Purwokerto berhasil mendapatkan dua juara tertinggi yaitu juara 1 dan juara 2.
Sumber : KSR PMI Unit IAIN Purwokerto

Pencapaian ini bukan hanya membanggakan KSR PMI Unit IAIN Purwokerto sendiri akan tetapi juga dapat mengangkat nama baik almamater IAIN Purwokerto dikancah luar. Akan tetapi, ada yang sedikit disayangkan, diakui oleh peserta bahwa dari pihak IAIN Purwokerto sendiri belum ada tindakan atau pemberian apresiasi terhadap peserta. “Belum ada respon apa-apa dari kampus, mungkin karena masih baru dan sekarang hari Minggu. Tetapi pembina kita sudah tahu, kita sedang menunggu kabar” ucap Dita yang ditemui pada Minggu pagi.  Akan tetapi, pada Selasa (20/11) sekita rpukul 08.30 WIB kami kembali mengkonfirmasi salah satu peserta melalui pesan WhatApp bahwa masih belum ada konfirmasi ataupun kabar dari pihak kampus mengenai peraihan ini. “Belum ada respon, kita sedang menunggu  pembina pulang” jawab Eka Nurohmawati melalui pesan WhatApp.
Dita berharap untuk kedepannya semoga KSR semakin maju, lebih bermanfaat bagi oraang banyak dan juga kampus. Karena ternyata mahasiswa IAIN Purwokerto sebenarnya memiliki potensi yang baik, ia juga berharap dari pihak kampus dapat menyalurkan mahasiswa yang potensi dan berprestasi keranah yang lebih baik.


Reporter   : Annisa
Editor       : Arif









Share:

0 comments:

Post a Comment

TERPOPULER