UKM/UKK IAIN Purwokerto Tunjukkan Kreativitas Melalui Parade Budaya



Purwokerto- Penampilan Inagurasi pada Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2019 IAIN Purwokerto dimeriahkan oleh seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Unit Kegiatan Khusus (UKK) dengan tema  Parade  Budaya pada Rabu (14/08).

Inagurasi menjadi kegiatan terakhir sebelum ditutupnya masa PBAK 2019. Parade Budaya ini merupakan ajang bagi anggota UKM/UKK untuk menunjukkan kreativitas dari masing-masing bidang yang ditekuni. Ada 14 penampilan yang diisi UKM dan UKK IAIN Purwokerto mulai dari UKM Pencak Silat, UKM EASA, UKK KOPMA, UKM Piqsi, UKM LPM Obsesi, UKM Faktapala, UKM Olahraga, UKK Pramuka, UKM Teater Didik, UKM Seni rupa, UKM KSIK, UKK KSR PMI, UKK Kempo, UKM Master. Nia Nur Pratiwi selaku panitia dari divisi acara mengatakan inagurasi seharusnya dimulai dari pukul 12.30 wib, tetapi karena pengkondisian mahasiswa baru yang cukup lama acara diundur menjadi pukul 13.00 wib. Kemudian tema dari inagurasi kali ini adalah Parade Budaya dengan mengacu pada tema PBAK tahun ini yaitu terbentuknya integritas mahasiswa yang berjiwa nasionalis dalam mengharmonisasikan budaya. Tema tersebut diambil karena saran langsung dari Rektor IAIN Purwokerto untuk mengangkat tema kebudayaan.

Kegiatan yang berlangsung di lapangan parkir fakultas Tarbiyah ini cukup meriah.  Alasan panitia memilih tempat tersebut dirasa lebih strategis dibanding dengan tempat sebelumnya yaitu di depan gedung F. Konsep inagurasi kali ini ada sedikit perbedaan dari tahun sebelumnya, dimana selain adanya panggung untuk penampilan inagurasi, dan stand bagi setiap UKM/UKK terdapat juga stand Kuliner jajanan Banyumas yang berjejer di belakang stand UKM/UKK.

Selain melihat penampilan inagurasi dari UKM/UKK, mahasiswa baru juga diwajibkan untuk mengunjungi stand-stand UKM/UKK yang berderet mengelilingi panggung.  Salah satunya Indra mahasiswa baru fakultas Syariah yang  ditemui reporter LPM OBSESI ketika mengunjungi stand UKM Olahraga. “tadi cuma lihat-lihat stand, pas tau ada UKM olahraga jadi langsung tertarik ke stand-nya soalnya dari dulu emang suka olahraga terutama sepak bola” Ujarnya.

Stand kuliner juga tidak kalah ramai banyak mahasiswa baru yang terlihat mampir untuk menikmati kuliner Banyumasan “Lihat-lihat stand udah tapi tertariknya sama makanan, jadi mampirnya ke stand kuliner beli jajanan pasar sama mendoan”  ujar Linda mahasiswa baru Fakultas Tarbiyah.

Berubahnya tempat untuk acara inagurasi tahun ini dirasa cukup strategis untuk stand-stand yang ada, karena tempat yang lebih luas sehingga mahasiswa lebih leluasa untuk berkeliling. “Tempat standnya strategis hanya saja melihat kondisinya saat ini temen- temen maba belum cukup kondusif karena ditengah lapangan panas, mungkin itu tanggung jawab panitia tapi kaya misalkan tadi pada penampilan ke empat yang didepan panggung udah sepi, sound system juga kurang mantep jadi kaya ada yang kurang aja. Untuk Inagurasi semuanya keren-keren, pesannya untuk mahasiswa baru jangan sampai nggak ikut UKM UKK supaya lebih berpengalaman.” Tutur Mistri salah satu anggota dari UKK Koperasi Mahasiswa (KOPMA).

Acara inagurasi berlangsung hingga pukul 16.00 WIB dengan ditandai bunyi sirine oleh tibpak. Akan tetapi ada perubahan di akhir acara inagurasi ini, konsep awal inagurasi yang  seharusnya acara dilanjutkan dengan penampilan flashmob dari seluruh UKM/UKK yang diikuti seluruh peserta PBAK tetapi karena jadwal dari panitia sudah habis dan karena waktu yang sudah mulur dari awal, penampilan dibatalkan sehingga banyak yang merasa kecewa apalagi mereka yang sudah berlatih untuk mempersiapkan penampilan ini.


Reporter : Nurul, Heni
Editor     : Ana

Posting Komentar

[blogger][facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.