Kancah Pemikiran Konstruktif

Saturday, February 8, 2020

Rangkaian Milad, Adiksi Adakan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional

Presentasi Karya Tulis 
Purwokerto- Asosiasi Mahasiswa Bidikmisi (ADIKSI) IAIN Purwokerto mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional di Gedung Rektorat lantai 4 IAIN Purwokerto, Jumat (7/2). Acara ini digelar dalam rangka milad ke-5 ADIKSI IAIN Purwokerto.
Adapun dewan juri pada lomba ini adalah Aris Nurrohman, S.H.I., M.Hum, Arif Hidayat, M.Hum, dan Dr. Elya Munfarida, M.Ag ketiganya merupakan Dosen di IAIN Purwokerto. Lomba ini bertemakan “Islam Moderat Dimata Peneliti Muda”. Syehabudin selaku ketua panitia menjelaskan, kegiatan ini memiliki fungsi untuk melatih para peneliti muda mengetahui sekaligus menyelesaikan permasalahan yang sedang terjadi saat ini.
“Tema ini kan islam moderat dimata peneliti muda, jadi bagaimana caranya agar para peneliti ataupun pemuda-pemuda kita jaman sekarang di era milenial  itu mampu mengetahui probematika sekaligus mengatasi problematika yang sedang terjadi saat ini,” ujarnya. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini juga merupakan upaya untuk memperkenalkan ADIKSI IAIN Purwokerto di ranah nasional.
Peserta lomba berasal dari sembilan kampus yang telah melalui beberapa tahap seleksi diantaranya: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN SUKA), Universitas Jendral Soedirman Purwokerto (UNSOED), Universitas Diponegoro Semarang (UNDIP), STIE Putra Bangsa Kebumen, Universitas Mataram, Universitas Alaudin Makasar, IAIN Samarinda, UINU Jepara, dan IAIN Purwokerto.
Dalam proses seleksi terdapat beberapa tahap, pertama seleksi abstrak, tahap kedua seleksi full paper, dan tahap terakhir yaitu presentasi hasil karya full paper. Dan pada tahap akhir tersebut, diikuti oleh 15 tim dimana masing-masing tim terdiri dari dua anggota. Tahap ahkir ini menjadi penentu siapa yang akan menjadi juara nantinya.
Rektorat Lt. 4
Dari 15 tim yang megikuti tahap akhir, ditetapkan 6 tim sebagai juara. Juara 1 (Tim Fikri Mustofa IAIN Purwokerto), Juara 2 (Tim Dita Ayu Saputri (Universitas Mataram), Juara 3 (Tim Siti Nurlaeli STIE Putra Bangsa Kebumen), Harapan 1 (Tim Mad Yahya, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Harapan 2 (Tim Syafi’ah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakerta), Harapan 3 (Tim Ferdiansyah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

     Tidak hanya itu, adapun kategori best paper yang diambil sebanyak 5 tim diantaranya : tim Fikri Mustofa (IAIN Purwokerto), tim Dita Ayu Saputri (Universitas Mataram), tim Mad Yahya (UIN Sunan Kalijaga), tim Siti Nurlaeli (STIE Putra Bangsa Kebumen), tim Mirawati (UIN AlaudinMakasar).
Serta 4 tim mendapat penghargaan presentasi terbaik : tim FikriMustofa (IAIN Purwokerto), tim Dita Ayu Saputri (Universitas Mataram), tim Siti Nurlaeli (STIE Putra Bangsa Kebumen), tim Ferdiansyah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).
Seluruh naskah karya tulis ilmiah dari ke15 tim tersebut, nantinya akan disalurkan ke jurnal mahasiswa Raushan Fikr IAIN Purwokerto. Namun, Syehabudin menjelaskan hal tersebut belum ada kepastian karena belum ada tindak lanjut baik dari panitia lomba ataupun dari pihak jurnal Raushan Fikr.
“Untuk naskah, kami sudah kerjasama dengan jurnal Raushan Fikr IAIN Purwokerto, namun sampai sekarang tindak lanjutnya belum ada, tapi nanti akan kami tanyakan lagi.” Pungkasnya.

Reporter : Iqbal & Bagus



Share:

0 comments:

Post a Comment

TERPOPULER