Kancah Pemikiran Konstruktif

Wednesday, March 4, 2020

HMJ SAA Adakan Diskusi Lintas Iman Part 3: Ambivalensi Agama


Suasana diskusi lintas iman part 3 : Ambivalensi Agama, Rabu (4/3).
Obsesiana.com, Purwokerto- Himpunan Mahasiswa Jurusan Studi Agama-Agama (HMJ SAA), Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora (FUAH), IAIN Purwokerto menyelenggarakan diskusi lintas iman part 3 pada Rabu (04/03) di lantai dua gedung FUAH. Diskusi ini mengangkat tema “Ambivalensi Agama” dengan pembicara Dr. H. Supriyanto, Lc., M.S.I, Dosen Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora.


Peserta diskusi sebanyak 25 mahasiswa yang berasal dari FUAH. Diskusi dimoderatori oleh Fia Nur Asyifa salah satu anggota HMJ SAA divisi Religiusitas dan Sosialitas.

Menurut Halimatu Sa’diyah selaku ketua HMJ SAA menyampaikan bahwa diskusi ini memiliki tujuan untuk menambah keilmuan, memperluas jaringan pengetahuan, nilai toleransi, dan meguatkan kasih sayang antar sesama. Di samping itu, ia pun menuturkan latar belakang dari diangkatnya tema Ambivalensi Agama.

“kita sebagai mahasiswa SAA, sebagai agen perdamaian gimana caranya menyikapi adanya Ambivalensi Agama, dimana agama itu memiliki dua wajah. Di sisi lain agama sebagai agen perdamaian namun di sisi lain dengan agama juga sebagai penimbul konflik.” Ujarnya.


Dalam diskusi ini pemateri mendiskusikan beberapa hal mengenai Ambivalensi Agama antara lain terkait Islam as Religion and Islam as Religiousity, sisi eksklusifitas agama, dan teologi damai. Disamping itu, ia juga memaparkan bahwa  untuk melihat suatu agama kita harus dapat melihatnya dari dua sisi, misalnya Islam sebagai agama dan Islam sebagai religiusitas.

Setelah pemaparan materi, diskusi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kemudian, diskusi ditutup dengan pemberian sertifikat bagi pembicara. (Bagus.B.S/Obsesi)
Share:

0 comments:

Post a Comment

TERPOPULER