Kancah Pemikiran Konstruktif

Saturday, February 13, 2021

Tingkatkan Eksistensi, UKM Silat Sukseskan Saizu Championship Pertama

 

Foto: Doc.OBSESI

Purwokerto– Sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing dan ajang silaturahmi atlet pecak silat. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pecak silat IAIN Purowkerto yang tergabung dalam Ikatan Pecak Silat Indonesia (IPSI) menggelar Saizu Championship di Audititorium IAIN Purwokerto, Sabtu, 13/02.

“Dari berjalannya waktu kami memiliki target ajang ini bukan hanya dari lingkup IAIN Purwokerto saja tapi bisa tingkat Banyumas. Dari cara ini juga, supaya kawan SD, SMP, SMA bisa mengenal pecak silat yang ada di IAIN Purwokerto,” jelas Riko Agung Kurnia selaku Ketua Panitia.

Kejuaraan yang memiliki tema Kawal Sportivitas Cetak generasi Emas, diikuti oleh 39 peserta dari gabungan tiga perguruan yaitu Pagar Nusa, Tapak Suci dan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT). Pertandingan ini terdiri dari 16 pertandingan dan masing-masing terdiri dari tiga babak. Pembina pecak silat IAIN Purwokerto berserta enam perwakilan dari ketiga perguruan pecak silat turut hadir dan menjadi juri pada kegiatan tersebut.


Foto: Doc.OBSESI

Pertandingan yang melatih mental, disiplin dan sportifitas ini menuntut peserta untuk mengerahakan kemampuan terbaiknya. “Sebenarnya udah satu tahun gak latihan, jadi rada kaku waktu main dan kehilangan reflek. Kalo melihat pihak lawan cukup bagus, cuma dia masih gak berani keluar dari kandang. Jadi kita harus pandai-pandai melihat peluang,” ujar Setiaji dari Perguruan Tapak Suci.

Sebagai mahasiswa baru IAIN Purwokerto program studi Pendidikan Agama islam, Setiaji juga menambahkan untuk kedepannya kejuaran ini dapat terus dilaksanakan guna meningkatkan nilai saing atlet Pecak Silat IAIN Purwokerto dan meningkatkan eksistensi atlet Pecak Silat IAIN Purwokerto dalam melestarikan olahraga bela diri tradisional. “Diperlukannya penanaman nilai pada atlet dan harapannya semoga sarana dan prasarana pecak silat IAIN Purwokerto juga terpenuhi sehingga dapat mencetak atlet-atlet pecak silat yang mumpuni,” tambah Setiaja diakhir wawancaranya.


Reporter : Cita Najma Z.

Share:
Location: Jl. A. Yani No.40A, Karanganjing, Purwanegara, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53126, Indonesia

0 comments:

Post a Comment

TERPOPULER